top of page
  • Writer's picturebaraaberantai

Drama Penjual Mendoan Gunung Merapi

Gunung Merapi, menjadi opsi terakhir setelah melalui beberapa opini yang hanya menjadi rencana tanpa aksi. Ya iya lah duit seret mulu. Tapi untungnya ada sedikit duit lebihan jadi bisa cabut ke Merapi.


Muka seger sebelum dihajar trek Merapi

Edisi kabur ke Merapi kali ini, aku bareng dua manusia yang sangat bertolak. Satu, Chelsea Venda, cewe? Batangan bro bro! Venda, keliatan lemes tapi aslinya mah bukan lemes, kalem gitu. Lemes-lemes gitu jam terbang naik gunungnya udah banyak banget. Ah elah gunung kembar aja udah ditaklukin sama doi. Sindoro Sumbing, ingat! Sindoro Sumbing, bukan gunung kembar yang lain. Doi juga seorang Pendaki Melankolis. Dua, Kamaludin. Singkat padat jelas namanya. Pendaki pemula yang langsung mencicipi trek Merapi. Beuh, badannya gede, sedeng gitu lah, ga gendut ga kurus. Pokoknya mah dilihat sangar.


Kami berangkat dari Semarang sekitar jam 7an kalo ga salah. Perjalanan itu sekitar 3 jam, dan sampai basecamp New Selo itu jam 10an. Di jalan aja sudah hujan, gimana nanti begitu pas naik, kita udah down duluan mentalnya. Payah!!. Tapi begitu sampe sana terus menyantap semangkuk Indomi rasa soto ditemani sepiring nasi dan segelas teh anget semangat kita pulih. Ingatlah wahai saudaraku, bahwasanya rasa indomi akan lebih nikmat dimakan saat dalam kondisi cuaca dingin. Aku percaya teori ketinggian daerah berpengaruh pada rasa indomi. Beberes makan, sebat, ngeteh, kita semua tidur. Perjalanan besok bakal panjang dan melelahkan. Joining dream with thousands angels....


“Jedug” buset sakit. Kaki aku kejedot kursi samping aku tidur. Aku ketindihan! Ketindihan setan! Belom apa-apa udah ditindihin, pikirku pas itu. Pas ditindihin itu rasanya kek ini jakun di korek-korek pake kuku panjang, sumpah, sakit. Makanya aku maksa badan buat gerak yang akhirnya kejedot kursi. Terus habis ketindihan, hebatnya bisa tidur lagi dengan sangat nyenyak sampe rasa kebelet boker bikin bangun.


Beres boker, sarapan dong biar energi full buat naik. Kami mulai naik sekitar jam 9 dan itu bareng sama rombongan dari Jakarta. Aku lupa namanya semuanya, tapi ada fotonya deh, nanti aku taro sini.


Venda, Aku, Anon, Kamal, Anon, Anon lagi

Berangkat jam 9, kita baru sampe Pos 1 itu sekitar jam 12an. Aku lupa nyatet waktunya, tapi pas waktu sholat dhuhur. Ya okelah anggep aja jam 12. Kenapa lama banget? Pendaki pemula kita itu tiap 10 langkah berhenti seraya berkata “dengkulku puanas cuk” disusul “udah tinggalin aku saja. Sana kalian lanjut, aku mau turun aja”. Kami keberatan? Engga! Malah seneng.


Dijalan Kami sering banget papasan sama rombongan dari Bogor. Sampe-sampe ga keitung nyapa "Mari Mas" berapa kali itu. Mereka nyusul, terus kita susul. Gitu terus sepanjang jalan tuh. Sampe akhirnya bikin tenda pun tetanggan.


Nah ini mereka. Kurang satu Mas Ubay

Sebat sambil minum lah kita di Pos 1. Terus cabut dari Pos 1 sekitar jam setengah 1an, sampe Pos 2 jam 2an. Masih diisi dengan drama yang sama “aku mau balik aja” terus berulang bagai diorama tanpa irama. Oh ya yang dengkul panas juga, ga kalah sering. Tapi ini mending si ga kaya waktu sebelum Pos 1, karena emang trek dari Pos 1 ke Pos 2 “rada” jinak. Tiap berhenti pasti sebat, minum, nyemil itu wajib. Capek, dengkul panas juga lama-lama. Jam 4 sore kita sampe Pasar Bubrah. “Bagus, cuk!” Kamal berkata yang diiringi hilangnya rasa panas di dengkul. Hamparan batu kerikil serta siluet Merapi yang agung menyambut dan menghilangkan rasa lelah kami. “Pending dulu kagumnya bos, diriin tenda buruan, udah sore” aku yang udah kebelet rebahan.



“kita mau summit ga cuk?”

“wah gatau cuk. Takut. Ada larangannya nih” nyodorin tiket resgitrasi

“ah ya juga ya. Kalo maksa summit terus ada ranger mampus nama kita di blacklist”

“tapi kalo nanti malem dapet hidayah ya siapa tahu”

“hidayah. Esia hidayah noh!”


Lagu ERK menjadi pengiring obrolan malam kami. Sang Pendaki Melankolis, Venda, cerita soal Penjual Mendoan Pasar Bubrah. Kata Venda sih gini, kalo malem-malem denger suara “Mas mendoane mas” kudu ngelempar duit koin sampe keluar tenda terus ngambil batu. Batunya itu kaya semacam kita ngambil dagangan mereka. Wah jadilah itu cuk suasana ndadak mencekam. Akhirnya kita janjian, siapapun yang denger suara penjual mendoan kudu bangunin pake nyikut. “Oke deal” nada mantap kita bertiga. Belum cukup nakutin pendaki pemula, Venda cerita lagi. Dia cerita gini, katanya kalo malem mau kencing jangan sendirian, kalo sendirian nanti pas balik ke tenda, sleeping bagnya udah ada yang ngisi. Mampus udah, aku ikutan merinding cuk. Pipis bertiga samping-sampingan pas sudah gede terus cepet-cepetan siapa yang abis duluan itu menjijikan ga si?


Tengah malem, Kamal nyikutin aku dong. Dia nyikut aku cuk. Udah gentar aku cuk. “anjer ini beneran banget?” pikirku waktu itu. Bodoamat aku gamau berurusan terus ingkar janji. Aku pura-pura lupa terus sok-sokan ga ngeh “apaan sih mal, apaan sih”. Dengan tidak merasa tidak berdosa aku lanjut tidur nyenyak sampe pagi. Loh itu gimana lanjutan nyikutinnya?

Karena ga dapet hidayah, bangun kesiangan sekaligus gamau nama kita di blacklist, kita mutusin buat ga summit dan cuma nikmatin sunrise dari bukit Pasar Bubrah. Tapi, itu pun keren parah si, dingin parah juga. Sampe meler.


Waahhh dingin

Beres foto-foto sambil nikmatin suasana pagi. Kita bikin sarapan sambil omongin hal semalem. Ada semacam mitos kalo ngalamin hal mistis itu gaboleh diceritain kalo belum turun. Tapi karena saking penasarannya jadilah aku tanya

“Mal, ente semalem kenapa cuk? Ketemu pedagang mendoan?”

“hah? Apa cuk? Kaga cuk. Itu loh venda nyikutin aku terus”

“loh ven. Ente didatengin?”

“hah? Datengin apalagi cuk? Aku semalem tidur nyenyak banget si”

“lah terus semalem ngapa nyikutin cuk?”

“oh. Ngelindur kali cuk”

“kampret ya Anda. Kita semua gentar, takut, Anda malah tidur pulas. Tidur dengan sangat pulas lagi”


Jadi begitulah akhir cerita dari mendoan. Sambil gedeg, juga ketawa mulu Kami sarapan. Beres sarapan kita packing buat turun. Perjalanan turun ini cepet banget, sumpah. Kami turun dari Pasar Bubrah ke Pos 1 cuma 2 jam. 2 jam doang. Kenapa coba? Kami kan emang ada niat mau berhenti pas Pos 2 eh tapi itu tahu-tahu sudah sampe Pos 1 aja. Pos 2 kita ga sadar udah nglewatin soalnya penuh sesak sama tenda. Penuh banget. Hebat banget ga si, 2 jam doang anjer. Perjalanan dari Pos 1 ke Basecamp 2 jam juga. Beres ngambil KTP plus beli stiker kita tidur dulu, terus sore kita balik ke Semarang dan sampai dengan selamat.


Udah dulu, udah panjang bener ini tulisan. Intinya gini, aku sepakat sama omongan Bung Fiersa, bahwa yang menentukan hal yang bisa bikin nagih atau tidaknya bagi pendaki pemula itu bukan Gunungnya, tapi orang yang naik bersamanya. Buktinya, Kamal, pendaki pemula, bisa naklukin trek sangarnya Merapi. Merapi itu dari Basecamp aja treknya udah naik loh, naik terus, trek landai itu sekali dua kali. Sekarang dia kapok? Enggak! Dia ketagihan.

Oke, itu aja dari Aku. Makasih loh udah baca. Komen coba, biar keliatan rame gitu. Share juga biar makin rame, kalo udah rame kan nanti gada iklannya.


Adios! See you and stay tuned MyLov.



62 views0 comments
bottom of page